Sabtu, 14 Mei 2011

Gambar Bus TransJakarta Koridor 1 sampai 10

Askum para visitor Blog saya... Dipostingan kali ini saya mau mengajak para pembaca untuk sedikit memahami tentang Merk Bus, dan Karoseri Bus TransJakarta. Sebelum membaca lebih lanjut, saya memohon maaf apabila dalam penulisan blog ini ada kesalah dalam tulisan maupun materi tentang Bus TransJakarta. Ingat saya hanya manusia biasa yang mungkin membuat kesalahan dan menpunyai sifat lupa. Saya juga mengucapkan Terimakasih kepada Rekan-rekan saya yang sudah memberikan beberapa gambar Bus TransJakarta dan informasi tentang Bus TransJakarta. Thanks for Wibo and Aan.

Tahu kah anda, bahwa setiap Bus TransJakarta berbeda setiap koridor ada beberapa yang Merk Busnya berbeda, ada juga Karoserinya yang berbeda, dan pastinya Operatornya pun berbeda. Langsung saja saya akan menjelaskan tentang Bus TransJakarta dari Koridor 1 sampai Koridor 10.

Koridor 1 (Blok M-Stasiun Kota)
Pertama kali dioperasikan pada tanggal 15 Januari 2004. Dioperatori oleh "Jakarta Ekspres Trans" dengan Armada Bus Sebanyak 91 Bus. Selain sebagai operator JET (Jakarta Ekspres Trans) juga merupakan Konsorsium dari beberapa Operator Bus Reguler yang rute nya dialihkan karena berhimpitan dengan rute TransJakarta, yaitu : PPD, Bianglala, Steady Safe, Pahala Kencana dan Ratax. Rute ini mempunyai panjang sekitar 12,9 Km. Merk Bus yang digunakan adalah "Hino" dan "Mercedes Benz" dengan menggunakan Karoseri "New Armada" untuk Merk Hino dan "Restu Ibu" untuk Merk Mercedes Benz.

Berikut ini beberapa gambar Bus Merk Hino dengan Karoseri New Armada :





















Berikut gambar Bus Mercedes Benz Restu Ibu :


Gambar bus yang di tengah dan sebelah kanan adalah Bus Mercedes Benz Restu Ibu. Dan disebelah kiri adalah Bus Hino New Armada.









Gambar di sebelah kanan ini, merupakan salah satu interior dalam Bus yang dimiliki "Jakarta Ekspres Trans"

Koridor 1 (Blok M-Stasuin Kota) merupakan Bus TransJakarta dengan jalur paling Steril. Sehingga waktu kedatangan bus (headway) tidak begitu lama. Karena kesuksesan dari Koridor satu ini, Gubernur DKI Jakarta pada zaman itu "Sutiyoso" segera melanjutkan Bus TransJakarta Koridor Selanjutnya yaitu Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) dan 3 (Kalideres-Pasar Baru)

Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni)
Pertama kali dioperasikan pada tanggal 15 Januari 2006. Tepatnya dua tahun setelah Koridor 1 (Blok M-Stasuin Kota) beroperasi, Gubernur Sutiyoso mengoperasikan Koridor ini berbarengan dengan Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru). Dioperatori oleh "Trans Batavia" yang menyediakan bus sebanyak 126 Bus untuk Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) dan 3 (Kalideres-Pasar Baru). Selain sebagai operator, TB (Trans Batavia) juga sebagai Konsorsium dari beberapa Operator Bus Reguler yang rute nya dialihkan karena berhimpitan dengan rute TransJakarta, yaitu :Mayasari Bakti, Steady Safe, Metromini, PPD. Rute Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) mempunyai panjang sekitar 14,0 Km. Merk Bus yang digunakan oleh TB (Trans Batavia) adalah Daewoo dan mempergunakan beberapa Karoseri yang terdiri dari : Mayasari Utama, Laksana, Rahayu Sentosa, Restu Ibu dan New Armada. Berikut gambar bus untuk koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) :
Disebalh kiri ini adalah Bus Daewoo dengan karoseri Mayasari Utama. Oh iya... TransJakarta mulai dari koridor 2 dan selanjutnya menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) yang murah dan ramah lingkungan. Sebenarnya ciri khas dari koridor 2 itu bus nya berwarna biru. Namun karena adanya armada tambahan dan armada rute ekspres warnanya pun beragam seperti gambar di sebelah kanan atas ini.  Yang warna biru adalah karoseri dari Mayasari utama, yang tengah New Armada dan yang abu-abu sebelah kanan adalah Rahayu Santosa.

Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru)
Pertama kali dioperasikan pada tanggal 15 Januari 2006. Tepatnya dua tahun setelah Koridor 1 (Blok M-Stasuin Kota) beroperasi, Gubernur Sutiyoso mengoperasikan Koridor ini berbarengan dengan Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni). Dioperatori oleh "Trans Batavia" yang menyediakan bus sebanyak 126 Bus untuk Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) dan 3 (Kalideres-Pasar Baru). Selain sebagai operator, TB (Trans Batavia) juga sebagai Konsorsium dari beberapa Operator Bus Reguler yang rute nya dialihkan karena berhimpitan dengan rute TransJakarta, yaitu :Mayasari Bakti, Steady Safe, Metromini, PPD. Rute Koridor 3 (Pulogadung-Harmoni) mempunyai panjang sekitar 19,0 Km. Merk Bus yang digunakan oleh TB (Trans Batavia) adalah Daewoo dan mempergunakan beberapa Karoseri yang terdiri dari : Mayasari Utama, Laksana, Rahayu Sentosa, Restu Ibu dan New Armada. Berikut gambar bus untuk Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) :








Disebelah kiri ini merupakan Bus Daewoo dengan Karoseri Mayasari Utama yang paling mendominasi Karoseri Bus Untuk Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru).  Sebenarnya ciri khas dari koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru) itu bus nya berwarna kuning. Namun karena adanya armada tambahan dan armada rute ekspres warnanya pun beragam seperti gambar di sebelah kanan. Yang atas adalah karoseri dari Rahayu Santosa dan bawahnya adalah Karoseri dari New Armada.




Yang dibawah  ini merupakan karoseri New Armada yang berwarna abu-abu. Biasanya Bus dengan Karoseri New Armada, Rahayu Santosa dan beberapa Bus yang berwarna  abu-abu di koridor 2 dan koridor 3 sering dijadikan Bus rute ekspres seperti : Kaliders-Pulogadung, Kalideres-Bunderan Senayan, Pulogadung-Bunderan Senayan.













Pada gambar yang dibawah ini, Pada gambar di sebelah kanan, Bus yang berada paling kiri adalah Karoseri New Armada dan disebelah kanannya Mayasari Utama. Pada gambar disebelah kiri, berjejer Bus TransJakarta dengan Karoseri Mayasari Utama yang mendominasi Karoseri di koridor 2 dan 3.








Koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas 2)
Pertama kali dioperasikan pada tanggal 27 Januari 2007. Tepatnya 1 tahun setelah Gubernur Sutiyoso mengoperasikan koridor 2 dan 3. Pengopeasian koridor 4 juga dibarengi dengan pengoperasian Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), Koridor 6 (Latuharhari-Ragunan) dan Koridor 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan). Koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas 2) dioperatori oleh dua operator dan satu konsorsium yaitu : Jakarta Trans Metropolitan (JTM) sebagai operator dan juga konsorsium dari Operator Bus Reguler yang rute nya dialihkan karena berhimpitan dengan rute TransJakarta, yaitu : Mayasari Bakti, PPD dan Steady Safe. Dan satu lagi dioperatori oleh : Primajasa Perdanarayautama (PP) yang merupakan operator yang di lelang untuk menyediakan armada bus tambahan untuk memenuhi kebutuhan armada bus di koridor 4-7. Rute Koridor 4 merupakan rute TransJakarta terpendek yaitu hanya 11, 9 Km. Jakarta Trans Metropolitan (JTM) bukan hanya sebagai operator dan konsorsiun untuk koridor 4 saja tetapi juga sebagai operator dan konsorsium untuk koridor 6 (Latuharhari-Ragunan). JTM menyediakan armada bus sebanyak 61 yang terdiri dari 2 Merk Bus yaitu Daewoo dan Hyundai dengan menggunakan beberapa Karoseri seperti : Mayasari Utama, Srikandi, Laksana dan Korindo. Sedangkan PP menyediakan armada bus sebanyak 40 bus untuk koridor 4 dan 6, namun karena pada saat PP menyelesaikan pembuatan busnya dan disaat itulah Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) dioperasikan namun  koridor 8 belum mempunyai operator untuk koridornya, sehingga harus mengalokasikan armada bus PP yang harusnya untuk koridor 6 berpindah ke koridor 8. Merk Bus yang digunakan oleh PP yaitu Hino dengan menggunakan Karoseri Mayasari Utama. Wah ngerti gak penjelasannya? Kalo gak ngerti ya gak apa-apa gak penting juga kok. Yaudah dibawah ini saya mau men-Share beberapa gambar Bus yang digunkan dikoridor ini.











Gambar diatas adalah Bus JTM yang digunakan dikoridor 4 dan 6 dengan Merk Daewoo yang menggunakan Karoseri Laksana.Untuk Koridor 4 dan Koridor selanjutnya memiliki pintu belakang. Dibawah ini merupakan gambar bus dengan Merk Hyundai yang menggunakan Karoseri korindo.



Berikut dibawah ini bus PP dengan merk Hino yang menggunakan karoseri Mayasari Utama :


Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu)
Pertama kali dioperasikan pada tanggal 27 Januari 2007. Dioperatori oleh 2 Operator dan 1 Konsorsium yaitu, Jakarta Mega Trans (JMT) sebagai Operator dan Konsorsium dari Mayasari Bakti, PPD, Steady Safe dan Pahala Kencana. Dan juga dioperatori oleh Eka Sari Lorena (LRN) yang merupakan operator yang di lelang untuk menyediakan armada bus tambahan untuk memenuhi kebutuhan armada bus di koridor 4-7. Rute ini memiliki panjang sekitar 13,5 Km dengan jalur TransJakarta paling lurus sehingga dapat mempergunakan Bus Gandeng di koridor ini. JMT menyediakan Bus Gandeng Huanghai sebanyak 10 Bus, Bus Gandeng Komodo sebanyak 4 Bus yang menggunakan Karoseri Rahayu Santosa dan 51 Bus single untuk Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan Koridor 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan) dengan merk Daewoo dan Hyundai yang menggunakan karoseri Mayasari Utama, Restu Ibu dan Laksana. sedangkan Lorena untuk koridor 5 menyediakan Bus sebanyak 13 Bus Gandeng dengan Merk komodo yang menggunakan Karoseri Rahayu Santosa. Oh iya, Bus Lorena memiliki TV didalamnya dan desain dari semua bus lorena berkesan Mewah dan Keren. Berikut dibawah ini gambar Bus Gandeng JMT Huanghai yang dibeli langsung dari Cina.












Dibawah ini gambar interior dalam Bus single dari JMT dengan Merk Hyundai yang menggunakan Karoseri Korindo di gambar sebelah kiri dan Bus single dari JMT dengan Merk Daewoo yang menggunakan Karoseri Mayasari Utama di gambar sebelah kanan.










Dibawah ini gambar interior dalam Bus Komodo Gandeng JMT disebelah kanan dan tampilan luar Bus Gandeng Komodo JMT disebelah kanan pada gambar Bus yang di ada belakang :










Selanjutnya Gambar Bus LRN Gandeng Komodo :















Berikut Interior dalam Bus Lorena Gandeng Komodo pada siang dan malam hari :













Berharap banget ada yang kasih saya Miniatur Bus Gandeng Komodo seperti gambar diatas. :)

MAAF POSTINGAN INI BELUM SELESAI DIKETIK KARENA Gambar Bus TransJakarta koridor 6 sampai 10 ada di komputer saya yg sedang RUSAK...




2 komentar:

  1. -=== Heboh~ Promo bulan Maret-April 2017 Daftar Gratis 1.500 Point ===-
    Serta ratusan Notebook Acer menanti anda untuk dibawa pulang tunggu apa lagi tukarkan pointnya sekarang juga?
    Ayo segera daftarkan diri anda disini !!
    BBM : D4B3D5DC | Line : pokergt | WhatsApp : 081295588887

    BalasHapus