Jumat, 24 Desember 2010

Tentang Transjakarta

Oh iya, ada pertanyaan yang gue buat sendiri dan gue jawab sendiri!

1. Operator busway terbaik?
Jawab : PT. Jakarta Express Trans (JET) pemegang busway koridor 1. Kenapa gue bilang terbaik, karena bawa buswaynya lelet... Hahaha maksudnya gak ngebut-ngebut, selalu nyalahin info halte gak seperti operator busway lainnya yang jarang nyalahin info halte.

2. Operator busway terburuk?
Jawab : PT. Trans Batavia (TB) pemegang busway koridor 2 dan 3! Ya jelas aja jelek, maruk banget megang dua koridor yang semuanya pegangan TB... Gak seperti koridor 4 5 7 8 yang dalam satu koridor ada 2 operator yang melayaninya! Bus yang dimiliki TB juga paling banyak dari pada operator lainnya. Gak tanggung-tanggung 125(kalo gak salah), sedangkan JET dengan operator terbaik aja hanya sekitar 90

3. Operator yang suka nya bikin rute ekspres?
Jawab : PT. JMT (Jakarta Mega Trans) pemegang busway koridor 5 dan 7 dan beberapa rute ekspres! Operator ini busnya sangat sedikit, sehingga membuat rute ekspres untuk menutupi kekurangan bus nya!

4. Merk bus yang paling bagus :
Jawab :
Single : Bus Hino milik PT. Lorena Eka Sentosa (LRN) pemengan busway koridor 5, 7 dan 8! Karena busnya ada LED nya kalo malem naik busway nya lampu dalam busnya bagus! Dan ada TV nya loh ini bus, ada 4 TV untuk bus single nya!
Gandeng : Bus Komodo milik PT Lorena Eka Sentosa (LRN) karena alasannya sama kaya diatas dan mempunyai 6 buah TV didalam bus nya serta ada GPS nya! Dan corak busnya memakai gambar komodo

5. Merk bus yang paling jelek :
Jawab : Hyundai milik PT. Jakarta Trans Metropolitan (JTM) pegengan busway koridor 4 dan 6. Bus nya sangat jelek tampak luarnya jelek banget dan interior dalamnya yang banyak besi didalamnya! Koridor 9 juga memakai bus hyundai tapi gue belum naik busway nya jadi belum bisa komentar

6. Merk bus paling laris dipakai :
Jawab : Daewoo... Merk bus ini dipakai di koridor 2, 3, 4, 6, 7... Wedeh banyak banget ya operator yang sudi memakainya! Tapi sayangnya kalo menurut gue ini bus dikoridor 2 dan 3 sangat jelek sekali karena kesannya kurang terawat! Beda seperti koridor 4 6 dan 7 yang terlihat bagus!

7. Koridor busway paling steril :
Jawab : Koridor 1 karena siapa yang berani masuk siap-siap denda 1 juta!

8. Koridor busway terburuk dan terbilang gagal :
Jawab : Koridor 8 karena busnya sedikit dengan rute terpanjang kedua, dan banyak jalurnya yang tanpa separator(pembatas jalan)

9. Koridor yang susah steril :
Jawab : Koridor 3 karena banyak banget yang nerobos jalur ini, padahal penumpang dikoridor ini terbanyak ke dua setelah koridor 1.

10. Penumpang bus terbanyak : Koridor 1, koridor 3, koridor 2 dan paling sedikit koridor 8

11. Rute terpanjang : Koridor 9, Koridor 8, Koridor 3 dan paling pendek koridor 4

12. Pendapat gue tentang semua koridor busway :
Koridor 1 : Tempat duduknya yang empuk, info haltenya selalu ON, dan lajurnya yang terbilang sangat steril
Koridor 2 : Bagian dalam busnya ketika sepi selalu berisik karena guncangan dalam bus tersebut sangat kencang! Ini koridor pertama yang memakai bus BBG
Koridor 3 : Sama seperti koridor 2, dan jalur koridor 3 sangat tidak steril
Koridor 4 : Bus nya sangat sedikit, punya dua rute Dukuh Atas 2-Pulogadung dan Dukuh Atas 2-TU Gas yang membingungkan penumpang
Koridor 5: Bus nya udah bagus dan busnya mempunyai kapasitar 2 kali lebih banyak dari bis yang lainnya namun jumlahj bisnya masih sedikit tidak cukup untuk melayani penumpang koridor ini
Koridor 6 : Bus nya sedikit dan jalur paling steril kedua setelah koridor 1 namun halte pada koridor ini banyak yang tempatnya terlalu maksa
Koridor 7 : Ini koridor busway yang paling aneh, dimana-mana busway punya jalur khusus tapi untuk koridor ini seperti busline! Dari halte PGC sampai Kampung Rambutan tidak ada Separatornya! Dan anehnya juga, busway ini masuk TOL
Koridor 8 : Ini koridor busway yang amat gagal, dengan penumpang yang amat sedikit dan rute terpanjang kedua setelah koridor 9. Haltenya dan lajurnya amat memaksa sekali
Koridor 9 : Koridor busway terpanjang yang dimiliki jakarta, 29,9 KM. Sayangnya lajur koridor ini sangat rawan macet karena selalu menyinggung pintu masuk dan keluar tol
Koridor 10 : Koridor yang busnya gandeng semua ini yang bikin gue TOP lah, dan halte awalnya yaitu PGC yang ada didalam mall PGC dan ber-AC...

Apa kritikan anda tentang postingan ini? Penting apa enggak postingan ini!

1 komentar: